Saat ini, orang lebih sering melakukan panggilan melalui aplikasi seperti WhatsApp, Telegram, Bip, dan aplikasi lain yang menggunakan jaringan internet.

Panggilan telepon sendiri sudah tidak terlalu digemari oleh sebagian orang karena tarifnya yang mahal. Namun, apakah Anda pernah mengalami kegagalan saat menelepon seseorang?

Masalah ini mungkin sering terjadi oleh banyak orang, biasanya disebabkan oleh gangguan jaringan atau kontak yang sedang sibuk.

Nomor yang Anda Tuju Sedang Tidak Dapat Menerima Panggilan Apa Artinya

Meskipun panggilan telepon sudah jarang dilakukan, untuk keperluan bisnis, panggilan telepon masih menjadi saluran komunikasi resmi yang penting.

Terkadang, saat menelepon seseorang, Anda tidak dapat tersambung dan akan muncul pesan “Nomor yang Anda tuju sedang tidak aktif, silakan coba beberapa saat lagi.”

Sebab Nomor yang Anda Tuju Sedang Tidak Dapat Menerima Panggilan

Ada banyak penyebab gangguan jaringan yang dapat menyebabkan nomor tidak dapat dihubungi, atau kalau di bahasa inggis ialah “The number you are calling cannot be reach. Please try again” di antaranya:

Sedang Gangguan Sinyal Jaringan

Salah satu penyebab tidak bisa menghubungi nomor tertentu adalah adanya gangguan jaringan. Ini bisa disebabkan oleh cuaca ekstrem seperti hujan lebat atau angin kencang.

Nomor Sudah Tidak Aktif

Ketika Anda menghubungi nomor yang tidak aktif, hal ini mungkin disebabkan oleh nomor yang sedang tidak aktif. Anda hanya perlu menunggu beberapa saat untuk mencoba kembali.

Sedang Dalam Panggilan Lain

Kadang-kadang, nomor yang dituju sedang melakukan panggilan lain, yang menunjukkan bahwa nomor tersebut sedang sibuk. Anda hanya perlu menunggu beberapa saat sampai nomor tersebut kembali aktif.

Panggilan Ditolak/Direject

Jika Anda mendengar suara yang seperti “Nomor yang Anda tuju sedang tidak dapat menerima panggilan.” Kamu dapat meninggalkan pesan suara sesuai arahan dari operator teleponmu.

Ponsel Dimatikan

Salah satu penyebab terjadinya gangguan adalah karena ponsel sedang dimatikan. Ini termasuk saat ponsel penerima kehabisan baterai hingga lowbat.

Nomor Diblokir Sengaja

Pesan “nomor yang Anda tuju sedang tidak dapat menerima panggilan” juga bisa menunjukkan bahwa nomor Anda sedang diblokir. Alasan mengapa seseorang memblokir nomor orang lain bisa beragam. Jangan berburuk sangka terlebih dahulu, cobalah untuk memastikan dengan cara lain jika Anda merasa tidak pernah diblokir.

Nomer Sedang Sibuk

Pesan panggilan dialihkan menunjukkan bahwa nomor yang Anda tuju sedang sibuk dan tidak bisa menerima panggilan lagi, atau bahkan tidak menjawab telepon.

Digit Nomor Smartphone Kurang atau Kelebihan

Jangan terburu-buru saat menelepon, terutama jika Anda tidak fokus saat mengetik nomor. Ini bisa menyebabkan Anda menghubungi nomor yang salah, seperti kurang digit atau nomor tidak berlaku.

Nomor Telpon Kadaluarsa Melewati Masa Tenggang

Sering menggunakan paket internet dan tidak pernah menggunakan pulsa untuk sms atau telepon bisa menyebabkan Anda lupa dengan masa berlaku kartu Anda. Ini sering terjadi pada teman-teman kami. Mereka tidak bisa menelepon atau menerima telepon karena nomor hp sudah kadaluarsa atau tidak aktif.

Nomor Palsu atau Salah

Jika Anda menghubungi nomor yang tidak benar atau tidak ada, Anda akan mendengar pesan “Nomor yang Anda tuju tidak valid atau tidak terdaftar.” Pastikan Anda memasukkan nomor yang benar sebelum menelepon.

Nomor Diblokir oleh Operator

Diblokir oleh operator juga bisa menjadi penyebab tidak bisa menghubungi seseorang. Ini biasanya terjadi jika Anda menggunakan nomor yang tidak terdaftar atau tidak valid, atau jika Anda menggunakan kartu SIM yang sudah kadaluarsa.

Gangguan di Sistem Telepon

Gangguan di sistem telepon juga bisa menyebab kan Anda tidak bisa menghubungi seseorang. Ini mungkin disebabkan oleh masalah teknis di jaringan telepon atau di perangkat Anda sendiri. Anda bisa mencoba menghubungi operator telepon untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang masalah ini.

Dengan demikian, ada banyak faktor yang dapat menyebabkan Anda tidak bisa menghubungi seseorang melalui panggilan telepon.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mencoba menunggu beberapa saat, memastikan nomor yang Anda masukkan benar, atau menghubungi operator telepon untuk mendapatkan bantuan.

Cara Mengatasi Nomor Yang Anda Tuju Sedang Sibuk atau Tidak Bisa Dihubungi

Untuk mengatasi masalah tidak bisa menghubungi seseorang melalui panggilan telepon, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:

Tunggu beberapa saat

Dalam beberapa kasus, masalah tidak bisa menghubungi seseorang hanya sementara. Tunggu beberapa saat dan coba kembali menghubungi.

Pastikan nomor yang dimasukkan benar

Pastikan Anda memasukkan nomor yang benar dan lengkap. Jika ada kesalahan, Anda tidak akan bisa menghubungi orang yang dituju.

Periksa jaringan telepon

Pastikan jaringan telepon Anda stabil dan cukup kuat untuk menjalankan panggilan. Anda juga bisa mencoba menggunakan jaringan telepon yang berbeda, seperti menggunakan WiFi Calling atau menggunakan operator telepon lain.

Periksa perangkat Anda

Pastikan perangkat Anda dalam kondisi baik dan terpasang dengan benar. Jika perangkat Anda rusak atau tidak terpasang dengan benar, Anda mungkin tidak bisa menghubungi seseorang.

Hubungi operator telepon

Jika Anda sudah mencoba langkah-langkah di atas tetapi masalah tidak terselesaikan, Anda bisa menghubungi operator telepon untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Hubungi Teman Dekat atau Keluarga

Kalau sudah terlalu sulit dihubungi, mending kamu hubungi teman-teman dekatnya saja. Atau anggota keluarganya yang bisa dihubungi.

Sabar

Bersabarlah, mungkin dia memang sedang sibuk, misal sedang rapat urusan kantor atau hal lain, bisa jadi juga dia sedang meninggalkan hapenya karena sedang olahraga.

Jadi bersabarlah agar masalah nomor yang anda tuju sedang tidak dapat menerima panggilan ini tidak membebani pikiranmu.

5 dari 5