Cara Masuk BIOS Laptop HP Dengan Mudah

Tabik.id – Cara masuk BIOS laptop HP agak sedikit berbeda dengan laptop merek lain apalagi PC. Basic Input Output System (BIOS) adalah sistem operasi berupa perangkat lunak (software) pada komputer dimana fungsinya adalah untuk mengatur fungsi perangkat keras (hardware).

BIOS adalah sebuah memori chip yang berbahan CMOS dan terletak di motherboard laptop.

Cara Masuk BIOS Laptop HP semua merk f9 f10 esc

Peranan utama dari BIOS adalah untuk starting atau booting laptop. Ia akan mencari lokasi booting, mengecek device yang terpasang, sehingga sistem operasi dapat terhubung dengan perangkat keras. Di sini juga dapat mengatur waktu, lokasi, hingga berfungsi untuk instal ulang laptop.

Cara Masuk BIOS Laptop HP Dengan Tombol F10

gambar laptop hp envy x360 2020
Laptop HP Envy X360 Premium

Tidak seperti laptop lainnya yang menggunakan tombol F2 untuk masuk BIOS, pada laptop HP Anda dapat menekan tombol F10 secara berulang. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pencet tombol power apabila laptop dalam keadaan mati. Atau lakukan restart apabila laptop dalam keadaan hidup dan ingin masuk ke menu BIOS.
  2. Saat proses booting, Anda dapat menekan tombol F10 pada keyboard secara terus menerus.
  3. Selanjutnya apabila tidak ada masalah laptop akan langsung menampilkan menu BIOS.
  4. Akan tetapi untuk laptop dengan sistem operasi Windows 10 memiliki fitur fast startup. Sehingga belum sempat menekan tombol F10 laptop sudah sampai ke halaman desktop.
  5. Cara mengatasinya adalah dengan menekan dan tahan tombol F10 terlebih dahulu lalu nyalakan tombol power.

Baca Juga: Cara Menonaktifkan Update Windows 10, Bikin Legaaa

Masuk BIOS Laptop HP dengan Tombol F9

Tombol F9 mengantarkan Anda untuk masuk ke Boot Device Option. Akan tetapi dari sini Anda dapat memilih menu BIOS. Langkah-langkah yang dapat dilakukan yaitu:

  1. Pencet tombol power apabila laptop dalam keadaan mati. Atau lakukan restart apabila laptop dalam keadaan hidup dan ingin masuk ke menu boot.
  2. Saat proses booting, Anda dapat menekan tombol F9 pada keyboard secara terus menerus. Anda harus menekan lebih cepat daripada proses starting
  3. Selanjutnya apabila tidak ada masalah laptop akan langsung menampilkan menu Boot Device Option.
  4. Selanjutnya pilih menu BIOS dengan menggeser cursor keys atau tanda panah pada keyboard

Masuk BIOS di Laptop/pc HP dengan Tombol Esc

Selain menggunakan F9 dan F10 Anda juga dapat menggunakan tombol Esc yang terletak di ujung kiri atas papan keyboard. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pencet tombol power apabila laptop dalam keadaan mati. Atau lakukan restart apabila laptop dalam keadaan hidup dan ingin masuk ke menu BIOS.
  2. Saat proses booting, Anda dapat menekan tombol Esc pada keyboard secara terus menerus.
  3. Selanjutnya apabila tidak ada masalah laptop akan langsung menampilkan menu BIOS.
  4. Akan tetapi untuk laptop dengan sistem operasi Windows 10 memiliki fitur fast startup. Sehingga belum sempat menekan tombol Esc laptop sudah sampai ke halaman desktop.
  5. Cara mengatasinya adalah dengan menekan dan tahan tombol Esc terlebih dahulu lalu nyalakan tombol power.

Menu pada BIOS Laptop HP

Pengaturan menu pada BIOS terdiri dari main menu, advance menu, security menu, power menu, boot menu, dan exit menu.

Main menu merupakan konfigurasi pengaturan dasar dari BIOS yang terdiri dari:

  • Language yaitu bahasa yang digunakan pada laptop dan BIOS.
  • Time and Date yaitu untuk pengaturan waktu dan tanggal sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Apabila keduanya tidak cocok, maka program komputer tidak akan dapat berjalan dengan sempurna.
  • Primary master yaitu tempat penyimpanan utama sistem operasi laptop
  • Primary slave yaitu tempat penyimpanan utama data
  • Secondary master yaitu tempat penyimpanan cadangan sistem operasi
  • Secondary slave yaitu tempat penyimpanan cadangan data

Advance menu merupakan pengaturan sistem di dalam OS (sistem operasi) misalnya saja Installed OS, Reset Configuration Data, Large Disk Access Mode, Keyboard Feature, PCI Configuration, Cache Memory, Peripheral Configuration, Enable Master, Graphic Aperture, DMI Event Logging.

Security menu biasanya berhubungan dengan kemunculan password di komputer. Yaitu terdiri dari user password, supervisor password, set user password, set supervisor password, password on boot.

Power menu untuk memanajemen power yang terdiri dari standby time out, resume on modem ring, resume on time, soft off by power button.

Boot menu untuk pengaturan konfigurasi pada saat booting yang terdiri dari summary screen, screen logo display, quick boot mode, harddisk pre delay, set boot order, hard drive, removable devices, network boot, CD/DVD-ROM Drive.

Exit menu yaitu menu untuk keluar dari pengaturan BIOS. Terdiri dari exit saving changes, exit discarding changes, load setup defaults, discard changes, save changes.

Itulah beberapa cara masuk BIOS laptop HP yang dapat dilakukan. Apabila Anda sudah mengetahui konfigurasi apa yang akan Anda ubah dan perletakannya, maka Adan dapat meninggalkan BIOS dengan menyimpan perubahan Anda terlebih dahulu.

 

Leave a Comment