Cara Mengunci Aplikasi di iPhone yang Harus Diketahui iPhone User

Tabik.id – Pengguna iPhone semakin banyak tetapi ternyata juga masih bingung cara mengunci aplikasi di iPhone ini.

Mungkin bisa sedikit dipahami karena settingan yang ada pada iPhone amat berbeda dengan aplikasi yang ada pada android.

Ketika Anda mengunci aplikasi, maka aplikasi tersebut tidak bisa diakses selain oleh Anda.

Ini sangat penting utamanya jika iPhone Anda sering diakses oleh banyak orang, tentunya Anda ingin ada sedikit privasi pada bagian aplikasi tertentu.

Cara Mengunci Aplikasi di iPhone

Meskipun iOS sendiri sebenarnya tidak ada fitur system-level, tetapi tidak mustahil kok untuk mengunci aplikasi ini. Maka artikel ini ada untuk Anda agar bisa mendapatkan jawabannya.

Cara Mengunci Aplikasi di iPhone untuk iOS 12 dan lebih

Ada banyak orang yang ternyata belum memahami langkah dalam mengunci aplikasi. Sebelum itu, perlu diketahui bahwa setiap device iPhone memiliki iOS tersendiri tentunya. Nah bagaimana caranya?

Untuk iOS 12 ke atas, ada cara tersendiri untuk bisa mengunci aplikasi yang ada. Berbeda lagi dengan iOS 11 ke bawah.

Bagaimana cara mengunci aplikasi di iOS ini? antara lain adalah sebagai berikut:

  • Pilih menu setting yang ada pada layar iPhone Anda
  • Selanjutnya Anda bisa memilih screen time
  • Anda akan menemukan tulisan content & privacy restrictions dan jangan lupa memilih “allowed apps
  • Jangan lupa untuk mengalihkan semua tombol penggeser hijau menjadi off, jika Anda tidak ingin aplikasi tersebut dikunci
  • Kemudian yang terakhir, jangan lupa untuk mengetuk tombol back atau bisa juga dilakukan dengan geser ke atas yang berfungsi sebagai pembuka homescreen

Cara di atas memang sangat sederhana dan mudah diterapkan. Tetapi, kenyataannya tidak banyak yang tahu akan hal ini. Ini adalah kenyamanan yang akan didapatkan bagi pengguna iPhone.

Bahkan dapat dikatakan caranya sangat mudah terutama untuk iOS 12 ke atas. Dengan beberapa kali klik, maka akan selesai sudah keinginan Anda untuk mengunci aplikasi.

Anda tidak perlu khawatir privasi Anda menjadi terusir jika sudah begini.

Cara untuk Mengunci di iPhone Anda untuk iOS 11 ke bawah

Jika Anda menggunakan iOS 11 atau mungkin masih di bawahnya, jangan khawatir Anda juga bisa mengunci aplikasi Anda.

Tetapi caranya memang agak berbeda dibandingkan jika Anda menggunakan iOS ke atas. Caranya antara lain adalah sebagai berikut:

  • Sebelum itu perlu Anda ingat bahwa ini hanya bisa untuk aplikasi pihak pertama pada iPhone Anda, dalam artian tidak semua aplikasi bisa
  • Cara pertama adalah jangan lupa membuka setting kemudian pilih general
  • Scroll ke bawah hingga Anda menemukan “restrictions” dan kemudian pilih “enable restrictions
  • Setelah itu, jangan lupa memasukkan passcode yang baru dan nantinya Anda akan diminta memasukkan lagi sebagai langkah untuk mengkonfirmasi
  • Dikarenakan ada banyak kejadian lupa password, Anda bisa mengantisipasi dengan mencatat passwordnya atau menggunakan password yang biasa Anda gunakan
  • Jika Anda sudah mengaktifkan batasan yang ada serta sudah melakukan setting passcode baru nanti Anda akan menemukan banyak opsi yang tersedia
  • Ada berbagai opsi menolak aplikasi pihak pertama di bawah subjudul allow yang tersedia. Contoh aplikasi yang disediakan oleh iPhone ini misalnya adalah Siri, Safari, Facetime, dan lain sebagainya
  • Jika Ada menggeser ikon hijau yang ada menjadi warna abu-abu atau mati maka Anda bisa membuat aplikasi tersebut berhenti muncul pada home screen yang Anda miliki

Menetapkan Batasan Waktu Screen Time untuk Aplikasi

Jika Anda adalah pengguna iOS, maka hal yang satu ini adalah kelebihan yang Anda miliki pula. Ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang malas untuk menyetting kembali sehingga kunci aplikasi bisa terbuka otomatis sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Bukalah menu setting pada iPhone Anda
  • Pilih menu screen time
  • Jangan lupa memilih app limits
  • Kemudian jangan lupa add limit

Nantinya setelah Anda melihat daftar aplikasi, Anda juga bisa membuatnya untuk membatasi akses. Dan jangan lupa untuk mengetuk tombol centang yang ada, yang mana tombol tersebut berada di sebelah kiri aplikasi yang ada.

Selanjutnya, jangan lupa untuk memilih time limit yang mana fungsinya adalah membatasi waktu penggunaan penguncian aplikasi tersebut.

Anda bisa memilih misalnya dalam rentang waktu satu jam. Anda juga bisa melakukan pengaturan hari Anda ingin limit tersebut ditetapkan.

Jika sudah begini, ada banyak kemudahan dan kelebihan yang Anda dapatkan dengan penerapan penguncian aplikasi dan juga pembatasan waktu.

Jika HP Anda dipegang oleh anak-anak, Anda tidak perlu takut mereka membuka privasi Anda karena Anda sudah menguncinya.

Itulah cara mengunci aplikasi di iPhone yang harus Anda ketahui. Ternyata dalam penerapannya juga tidak serumit yang sebelumnya dibayangkan bukan?

Semoga dengan begini segala pertanyaan Anda tentang penguncian aplikasi sudah terjawab. Semoga bermanfaat ya!

Komen Kuy