4 Cara Menonaktifkan Samsung Pay, Dari Yang Gratis Hingga Berbayar

Apakah kamu tengah mencari cara menonaktifkan Samsung pay? Bagi sebagian besar, aplikasi pembayaran via smartphone ini jelas sangat berguna. Tapi, akan beda cerita bagi mereka yang jarang menggunakan aplikasi tersebut.

Samsung pay sendiri merupakan aplikasi pembayaran via smartphone yang sudah terkoneksi dengan layanan NFC. Bahkan, aplikasi canggih ini belum disediakan oleh handphone lainnya. Artinya, hanya bisa kamu dapatkan di ponsel Samsung saja.

Ketika aplikasi dari salah satu pelopor smartphone di dunia ini jarang dipakai, maka tak ada salahnya untuk dihilangkan terlebih dulu. Sayangnya, aplikasi tersebut sudah terpasang secara otomatis. Sehingga, tidak bisa di uninstall begitu saja.

4 Cara Menonaktifkan Samsung Pay Permanen

Lalu, apakah ada cara lain untuk menghilangkan aplikasi ini. Sementara, Samsung pay jarang digunakan atau bahkan tidak dipakai sama sekali. Menyikapi hal ini, pengguna pun bisa memilih jalan lain dengan cara menonaktifkannya.

Bagaimana pun juga, aplikasi ini akan selalu muncul di layar utama atau Widget. Otomatis akan tampak ketika kita tengah membuka ponsel. Terlebih ketika kamu tidak memanfaatkan aplikasi pembayaran ini, bukan?

4 Cara Menonaktifkan Samsung Pay, Dari Yang Gratis Sampai Berbayar

Buat kamu yang ingin mencari tahu cara menonaktifkan aplikasi pembayaran dari Samsung, kamu bisa pilih metode gratis sampai yang berbayar. Selengkapnya, simak berikut ini!

Cara  1 – Menonaktifkan Samsung Pay Dari Manajer Aplikasi

Perlu diingat bahwa cara ini hanya akan bekerja apabila kamu memiliki akses root. Atau setidaknya memiliki OS terbaru. Kemudian, berikut untuk langkah-langkahnya:

  • Buka ponsel milikmu
  • Cari dan buka bagian pengaturan, lalu ke aplikasi dan pilih manajer aplikasi
  • Silakan scroll ke bawah dan pilih opsi “nonaktifkan” dan konfirmasi.

Cara 2 – Menghilangkan Widget Aplikasi Samsung Pay Pada Ponsel

Jika langkah pertama belum juga berhasil, kamu bisa mencoba cara yang lainnya. Seperti dengan cara menghilangkan widget Samsung pay berikut ini:

  • Silakan buka aplikasi Samsung pay di ponselmu
  • Temukan dan klik menu 3 baris pada bagian pojok kanan atas
  • Cari menu “setting” lanjut ke “quick access settings”
  • Pilih opsi “Samsung pay” pada menu “lock screen” dan “home screen” guna menonaktifkan fitur tersebut.

Setelah dinonaktifkan, maka aplikasi di layar widget akan otomatis hilang. Kalau nantinya cara ini gagal, kamu bisa mengulanginya sekali lagi.

Cara Menghilangkan Samsung Pay Dengan Aplikasi Tambahan

Cara 1 – Menghapus Samsung Pay Dengan Titanium Backup

Untuk cara ketiga ini, kamu perlu root. Kamu juga bisa mendapati aplikasi bernama “root checker” di Google Play Store. Jika sudah ada akses root, maka kamu bisa menghapus Samsung pay dengan titanium backup!

Uninstall Aplikasi Dengan Titanium Backup Pro

Perlu diketahui bahwa penggunaan titanium backup harus mendapatkan konfirmasi dulu, agar tidak mempengaruhi fungsi perangkat lain. Oleh karena itu, pastikan selalu berhati-hati dalam menggunakan aplikasi ini ya!

Langsung saja, berikut untuk langkah-langkah menghapus aplikasi pembayaran Samsung pay dengan titanium backup:

  • Pertama, install terlebih dulu aplikasi titanium backup di Google play store
  • Kemudian, pada menu daftar aplikasi, silakan ketuk opsi Samsung pay
  • Lanjutkan dengan klik menu uninstall dan konfirmasi.

Jika kamu memilih opsi untuk membekukan aplikasi, itu sama saja dengan menonaktifkan aplikasi tersebut.

Cara 2 – Cara Menonaktifkan Samsung Pay Dengan Package Disabler Pro

Cara terakhir untuk menonaktifkan Samsung pay adalah dengan memanfaatkan “package disabler pro”. Layanan ini berbayar dan biaya paling sedikit adalah $1. Cukup terjangkau bukan?

Package Disabler Pro Disable samsung pay

Metode berbayar ini cocok untuk pengguna yang tidak mempunyai akses root. Berikut untuk langkah-langkahnya:

  1. Pertama, kamu harus membeli “Package Disabler Pro”. Ketika membeli aplikasi ini, kamu akan diminta untuk membayar dengan nominal tertentu.
  2. Kunjungi Google Play Store dan temukan aplikasi “Package Disabler Pro”. Pastikan aplikasi yang dibeli betul-betul dari Samsung ya!
  3. Setelah dibeli, kamu akan diminta untuk memberikan izin berupa hak administrator. Jadi silakan tekan opsi “active” dan juga “confirm”.
  4. Kemudian, scroll ke bawah dan temukan opsi “Samsung pay” dan di sebelah kanannya ada kotak untuk dicentang.
  5. Di bagian baris selanjutnya ada menu “Samsung pay framework. Silakan centang pada kolom kotak di sampingnya.
  6. Terakhir adalah konfirmasi untuk menonaktifkan aplikasi tersebut.

Akhir Kata

Sedikitnya itulah beberapa cara untuk menonaktifkan akun Samsung pay yang tidak dimanfaatkan lagi. Dengan begitu, kamu tidak lagi terganggu oleh aplikasi bawaan yang tidak digunakan.

Kalaupun nantinya kamu ingin menggunakannya lagi, kamu bisa mengaktifkannya kembali. Karena memang aplikasi pembayaran lewat ponsel ini sangat membantu lho. Apalagi kalau kamu suka lupa membawa dompet.

Tapi kembali lagi pada masing-masing pengguna, apakah membutuhkan aplikasi Samsung pay atau tidak. Jika memang tidak diperlukan, bisa dinonaktifkan sementara waktu maupun seterusnya.

Sekarang, kamu tak perlu bingung lagi kan? Karena ada beberapa daftar cara menonaktifkan Samsung pay yang bisa kamu pilih. Lalu, cara manakah yang bakal kamu pilih?

Leave a Comment