Fungsi Sound Card yang Harus Anda Ketahui

Tabik.id – Tahukah Anda sebuah alat ajaib bernama sound card? Fungsi sound card yang ada sangat memudahkan bagi Anda dengan kaitannya dengan komputer Anda.

Sound card inilah yang merupakan hardware yang terbenam pada bagian motherboard sehingga aplikasi Anda bisa berjalan.

Pengertian dan Fungsi Sound Card

Untuk memahami lebih lanjut tentang fungsinya, Anda harus membaca artikel ini hingga habis. Bukan hanya fungsinya saja kok, tetapi Anda juga akan sedikit mengenal lebih jauh dari pengertiannya dan berbagai informasi yang menyertainya.

Pengertian dan Fungsi Sound Card yang Harus Anda Ketahui

Jika Anda belum tahu apa itu sound card, jadi sound card adalah sebuah perangkat keras yang ada di komputer. Yang mana perangkat ini memiliki fungsi utama untuk menjadi pengolah data bagian suara atau audio.

Jadi, apa yang Anda dengarkan melalui headset Anda, speaker Anda, itu adalah hasil olahan data dari sound card ini.

Maka dengan begini, jika suatu saat Anda mengalami kendala berupa tidak munculnya suara pada komputer anda saat kamu menyalakan audio, maka bisa disimpulkan bahwa sound card yang ada pada komputer itu bermasalah. Selain itu, perangkat ini terhubung ke komputer lewat PCI atau slot ISA.

Tetapi, dikarenakan semuanya semakin modern kini sound card ini telah mampu ditancapkan pada socket melalui slot USB.

Hal yang seperti ini disebut dengan sound card eksternal. Lalu apa sajakah fungsinya? antara lain adalah sebagai berikut:

  • Adanya sound card ini memiliki fungsi sebagai pengkonversi sinyal digital serta analog, dan kemudian diteruskan dan menjadi gelombang sonic
  • Selain itu, sound card ini juga memiliki fungsi untuk memproses audio atau suara komputer sebagai alat masukan.
  • Keberadaan perangkat ini ternyata juga mampu meningkatkan kualitas output dan juga input audio. Contohnya seperti audio pada home theater atau pada bioskop
  • Memiliki fungsi lain sebagai penambah fitur pengolahan suara seperti bass booster, theater sound, 3D sound, dan lain sebagainya.
  • Bukan hanya itu, perangkat keras ini juga memiliki fungsi untuk mengatur besarnya volume yang ada
  • Selain volume, ia juga berfungsi sebagai equalizer suara
  • Melakukan konversi audio dari piringan hitam ke dalam bentuk audio digital
  • Melakukan pengolahan data suara dengan langsung ataupun tidak
  • Membantu pengeditan serta pengolahan suara dan juga audio musik

Dapat dikatakan  keberadaan sound card inilah yang sangat berjasa ketika Anda mendengarkan musik karena dia mengolah data audio yang ada sehingga Anda mendengarkan.

Tanpa adanya perangkat ini, maka komputer Anda pun juga akan kekurangan fungsi.

Jenis Sound Card yang Harus Anda Ketahui

Ternyata, sound card pun memiliki jenis dan klasifikasinya sendiri. Anda perlu memahami ini supaya lebih mengenal sound card. Jenisnya antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Sound card onboard

Secara sederhananya, ini adalah sound card yang terpasang atau menempel pada perangkat motherboard komputer Anda. Ini adalah bentuk perangkat sc yang paling mendasar dan sudah ada sejak lama.

Perangkat ini membutuhkan tenaga prosessor agar bisa berjalan. Ini sangat cocok digunakan untuk Anda yang menggunakan aplikasi satu ini untuk mendengarkan lagu atau musik karena sangat mendukung hal tersebut.

Keberadaan sound card onboard ini tentunya adalah bentuk settingan awal keberadaannya. Tetapi seiring dengan perkembangan jaman dan komputer, ada bentuk yang lainnya yang dianggap lebih canggih.

  1. Sound card offboard

Nah untuk jenis yang satu ini adalah yang ditancapkan pada slot ISA atau PCI di komputer yang Anda miliki tersebut.

Tetapi dengan berkembangnya teknologi, kemudian ini disebut dengan nama lain sound card PCI. Jika dibandingkan dengan kualitas, jenis yang satu ini lebih bagus dibandingkan dengan sebelumnya karena outputnya sangat bagus.

gambar sound card onboard terbaik 2021

  1. Sound card eksternal

Jenis yang terakhir ini adalah yang eksternal, yang mana umumnya disambungkan kepada Pc Anda melalui port Usb saja. Inilah bentuk paling modern dari sound card sebagai bukti atas perkembangan teknologi yang ada.

Jenis sc ini sangat dibutuhkan di jaman sekarang dan juga banyak dicari. Pemasangannya yang tinggal plug and play sangat simpel dan enak digunakan. Anda tidak perlu ribet dalam mengaplikasikan perangkat keras ini ke pc Anda.

Jika Anda ingin melakukan perekaman suara, maka jenis sc yang satu ini sangat tepat untuk Anda. Ada banyak produsen sc yang meraih kesuksesan di Indonesia sendiri antara lain adalah creative labs dan juga sound blaster yang mana sangat membanggakan.

Itulah fungsi sound card dan juga berbagai jenisnya yang Anda ketahui. Kini Anda pasti sangat paham bahwa fungsi sound card dalam menunjang kinerja komputer atau pc Anda sangat penting adanya. Semoga dengan begini, Anda tidak lagi bingung ketika Anda mendengar kata sound card lagi.

Leave a Comment