Arti Salam Menurut Para Pakar, Begini Tulisan Yang Benar

Arti salam menurut seorang muslim sangatlah penting. Terlebih lagi adalah ketika berbicara dengan yang berusia lebih tua. Sebagaimana yang kita ketahui, mengucapkan salam bagi seorang muslim hukumnya sunnah. Dan menjawabnya adalah wajib, sebagaimana yang sering kita lakukan

Mungkin sobat tahu, bahwa kata salam dan islam sangatlah mirip. Memang benar mirip. Karena dua kata tersebut memiliki akar kata yang persis.

Dalam bahasa arab, dua kata tersebut terdiri dari 3 huruf. Yakni huruf Sin, Lam, dan Mim.

Menyebarkan salam pun termasuk perilaku yang terpuji. Karena tindakan tersebut dicontohkan oleh Nabi Muhammad ﷺ. Dan beliau pun sangat menganjurkannya.

Bila kita telisik lagi, salam ini erat juga dengan sholat. Bukankah sholat diawali dengan takbir dan diakhiri dengan salam.

Baca Juga lah kuy : Doa Allahumarhamna bil quran Begini maknanya!!!

Untuk membatasi topik bahasan, maka arti salam yang kita maksud adalah makna salam dalam agama islam ya. Bukan ucapan salam sapaan.

Untuk itu, sebelum kita bahas arti salam, maka kita perhatikan dulu pada surat An-Nisa’ ayat 86 :


وَاِذَا حُيِّيْتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوْا بِاَحْسَنَ مِنْهَآ اَوْ رُدُّوْهَا ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ حَسِيْبًا

wa iżā ḥuyyītum bitaḥiyyatin fa ḥayyụ bi`aḥsana min-hā au ruddụhā, innallāha kāna ‘alā kulli syai`in ḥasībā

Dan apabila kamu dihormati dengan suatu (salam) penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik, atau balaslah (penghormatan itu, yang sepadan) dengannya. Sungguh, Allah memperhitungkan segala sesuatu.

gambar foto arti salam islami menurut kbbi

Pengertian Arti Salam Yang Benar

Jika kita baca arti salam pada kamus besar bahasa Indonesia (kbbi) pasti akan kita dapatkan beberapa makna :

  1. Damai, Sekarang salam dulu dek
  2. Pernyataan hormat, Titip salam kami kepada ustadz ya
  3. Ucapan, Selamat malam

Nah, diatas itu adalah arti salam menurut kbbi. Lantas bagaimanakah arti salam yang termaktub dalam kitab fathul majid.

Berikut ini penjelasannya.

Makna salam terbagi menjadi 2, yakni:

Pertama, As-salam, yang bermakna nama Allah. Nama Allah ini telah tertulis pada surat Al-Hasyr ayat 23


هُوَ اللّٰهُ الَّذِيْ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ ۚ اَلْمَلِكُ الْقُدُّوْسُ السَّلٰمُ الْمُؤْمِنُ الْمُهَيْمِنُ الْعَزِيْزُ الْجَبَّارُ الْمُتَكَبِّرُۗ سُبْحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشْرِكُوْنَ

Artinya
Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan.

Kedua, Arti salam bila dalam bentuk isim masdar yang dalam bahasa arab bermakna keselamatan. Kata tersebut bisa dibaca sebagai As-salamu ataupun Salamun.

Menggunakan alif lam bisa dibaca dan tidak menggunakan alif lam bisa dibaca pula.

Kemudian dari pengertian yang telah kita jabarkan, kita dapatkan akar kata salam dalam kata islam.

Yakni menjadi ucapan Assalamu’alaikum, yang berarti “Semoga keselamatan atas kalian”

Manfaat Ucapan Salam Dalam Agama Islam

  1. Untuk pengingat diri, bahwasanya Allah menjamin seluruh keselamatan hambanya.
  2. Mempererat ikatan ukhuwah sesama muslim.
  3. Merupakan salah satu ciri seorang muslim.
  4. Doa yang mudah diucapkan dan istimewa maknanya.
  5. Menimbulkan kasih sayang kepada sesama muslim.

Hadist Dalil Tentang Salam

Bagaimana cara menjawab salam dari non muslim?

Ada sebuah pertanyaan, Bagaimanakah cara menjawab salam dari pemeluk agama lain? Nah Rasulullah ﷺ pun telah mengajarkan, bagaimana cara memberikan jawaban salam yang di ucapkan oleh non-muslim.

Berikut ini hadistnya.


سَمِعْتُ ابْنَ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ الْيَهُودَ إِذَا سَلَّمُوا عَلَى أَحَدِكُمْ إِنَّمَا يَقُولُونَ سَامٌ عَلَيْكَ فَقُلْ عَلَيْكَ

Rasulullah ﷺ Bersabda : “Jika kaum yahudi mengucapkan salam kepada salah seorang diantara kalian, kemudian mereka katakan; Saamun ‘alaika (kiranya kamu tertimpa kematian), maka katakanlah; wa’alaika (bahkan untukmu).” (HR.Bukhari nomor 6416)

Mengucapankan salam, termasuk tujuh perkara yang dianjurkan

Salah satu keagungan mengucapkan salam kepada sesama muslim termasuk anjuran yang disampaikan oleh Rasulullah ﷺ. Tentu menyebarkan ucapan salam termasuk akhlak mahmudah.


عَنْ الْبَرَاءِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ أَمَرَنَا النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِسَبْعٍ وَنَهَانَا عَنْ سَبْعٍ أَمَرَنَا بِعِيَادَةِ الْمَرِيضِ وَاتِّبَاعِ الْجِنَازَةِ وَتَشْمِيتِ الْعَاطِسِ وَإِجَابَةِ الدَّاعِي وَرَدِّ السَّلَامِ وَنَصْرِ الْمَظْلُومِ وَإِبْرَارِ الْمُقْسِمِ وَنَهَانَا عَنْ سَبْعٍ عَنْ خَاتَمِ الذَّهَبِ أَوْ قَالَ حَلْقَةِ الذَّهَبِ وَعَنْ لُبْسِ الْحَرِيرِ وَالدِّيبَاجِ وَالسُّنْدُسِ وَالْمَيَاثِرِ

“Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam memerintahkan kami tujuh perkara dan melarang tujuh perkara, beliau memerintahkan menjenguk orang sakit, mengiringi jenazah, mendo’akan orang yang bersin, memenuhi undangan, menjawab salam dan menolong orang yang terzhalimi serta melaksanakan sumpah,

Dan beliau melarang tujuh perkara, yaitu; mengenakan cincin emas, atau bersabda; kalung emas, mengenakan sutera, dibaj (sejenis sutera), Sundus (kain yang terbuat dari sutera) dan mayasir (mantel yang bertutup kepala yang terbuat dari sutera).” (HR.Bukhari nomor 5754)

Contoh Tulisan Salam yang Benar

Mengucapkan salam itu sudah pasti berpahala, namun jika kita salah menulis tulisannya semisal ketika mengirim pesan di whatsapp, maka akan berakibat fatal pula jadinya. Baik bagaimanakah tulisan salam yang benar?

Dalam bahasa arab penulisan salam seperti dibawah ini ya.


السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Adapun penulisan salam dalam bahasa Indonesia sebagai berikut.

Assalamu’alaikum Wa Rahmatullaahi Wa Baarakaatuh

Apakah Boleh Menyingkat Salam?

Menyingkat salam dalam islam itu kurang baik. Karena arti salam itu baik, jika disingkat dapat merubah maknanya.

Maka kita berikan contoh tulisan salam yang salah seperti ini. Harus kita hindari ya. Agar arti salam tersebut tidak menjadi buruk.

Ass = Arti singkatan ini adalah”pantat” dalam bahasa inggris.

Askum = Singkatan ini bermakna kecelakaan bagimu dari bahasa arab.

Assamu = Artinya adalah racun bagimu.

Miikum = Pada bahasa ibrani, artinya mari bercinta

Oke sobat, di atas itu merupakan contoh penulisan salam yang salah dan wajib dihindari. Solusinya, kita dapat mengcopas tulisan salam yang benar, dan baiknya disimpan dalam hape.

Sehingga kita dapat menulisnya lebih cepat. Eh, kayaknya ada juga sticker whatsapp salam. Silahkan cari ya.

Maka dari itu, setelah kita tahu arti salam sebaiknya pula mengucapkan salam yang benar.

 

Leave a Comment