3 Cara Cek Pemilik Plat Nomor Kendaraan Online Mudah Banget

Cara cek pemilik plat nomor kendaraan online juga bisa Kamu lakukan jika diperlukan sewaktu-waktu. Plat Nomor pada kendaraan roda dua maupun roda empat merupakan pelat aluminium atas nomor polisi dari kendaraan yang telah didaftarkan di kantor samsat.

Setiap plat nomor polisi memiliki kode yang berbeda-beda. Seperti contohnya plat mobil atau motor di Jakarta punya kode huruf B di pelat aluminium.

Kemudian di susul dengan beberapa angka dan dilanjut kode huruf lagi. Kode yang tertera itu pun menandakan siapa sang pemilik kendaraan.

Setiap wilayah di Indonesia, mengantongi kode plat nomor kendaraan yang berbeda-beda. Jadi satu tanda nomor kendaraan tidak akan bisa disamakan.

Cek Pemilik Plat Nomor Kendaraan Online pelat merah
Mobil Plat Merah

Maksudnya, satu plat nomor untuk satu kendaraan. Bahkan sekalipun angkanya sama, tapi kode huruf depan beda, maka beda pula hasilnya.

Sekarang, mengecek plat nomor bisa dilakukan tanpa harus datang langsung ke kantor samsat. Cukup memanfaatkan cara lain yang jauh lebih mudah dengan akses online. Pengecekan ini biasanya dilakukan sewaktu membeli mobil atau motor ke tangan kedua. Jadi perlu selektif agar memperoleh kendaraan yang benar bukan hasil kejahatan. Ada juga yang cek pemilik plat nomor kendaraan online karena ada keperluan lain.

Seperti contohnya ketika Kamu ingin mengetahui keberadaan kendaraan yang sebelumnya telah dijual. Lewat nomor plat yang masih Kamu ingat, bisa dilacak saat itu juga.

Contoh lainnya saat ada kejadian kecelakaan seperti tabrak lari dan Kamu hanya sempat mengingat nomor polisinya itu sudah bagus. Dari nomor plat tersebut bisa kita telusuri siapa pemiliknya. Jadi bisa menangkap tindak kejahatan tersebut.

Lalu, bagaimana cara cek pemilik plat nomor kendaraan online ya? Pengecekan ini ada tiga pilihan. Berikut selengkapnya:

Cek Pemilik Plat Nomor Kendaraan Online Via Aplikasi

download sakpole e-samsat jateng cek pajak
cek pajak via sakpole

Di Playstore terdapat aplikasi khusus untuk cek pemilik plat nomor kendaraan online. Beda wilayah beda pula nama aplikasinya. Metode ini sangat praktis untuk mengetahui siapa pemilik dari nomor polisi tersebut.

Kamu cukup install saja dan gratis. Tidak perlu bayar dan bisa diakses kapan saja juga dimana saja. Berikut nama aplikasi beserta kota bersangkutan:

  • Jawa Tengah : SAKPOLE e-SAMSAT JATENG
  • Jawa Timur : E-SMART SAMSAT JATIM
  • Jawa Barat : SAMBARA
  • Jakarta : Mengecek Ranmor beserta Pajak DKI Jakarta
  • Yogyakarta : PAJAK KENDARAAN JOGJAKARTA
  • Aceh : PELUIT DITLANTAS POLDA ACEH
  • Riau : ESamsat KEPRI
  • Sulawesi Utara: Info Pajak Kendaraan Sulut
  • NTB : SAMSAT DELIVERY
  • Sumatera Selatan: e-Dempo Samsat Online Sumsel
  • Lampung : Informasi Pajak Kendaraan Bermotor di Bapenda Lampung
  • Sulawesi Selatan : eSamsat-Sulsel
  • Kalimantan Utara : eSAMSAT Kalimantan Utara
  • Pontianak : Samsat Pontianak
  • Kalimantan Tengah : RC POLDA KALIMANTAN TENGAH.

Dari nama aplikasi di atas, Kamu bisa pakai untuk cek pemilik plat nomor kendaraan online. Lalu, coba download di Playstore. Setelah selesai bisa dibuka dan ikuti petunjuk yang ada. Deskripsi pemilik nomor polisi akan tertera di sana.

Cek Pemilik Plat Nomor Kendaraan Online Via Website

Kalau mau cara lain tanpa harus download dulu, cek pemilik plat nomor kendaraan online bisa lewat website. Kamu pun bisa menggunakan ponsel maupun komputer untuk mengecek lewat situs internet.

Metode pengecekan ini juga dikategorikan sesuai kota atau provinsinya. Jadi beda wilayah beda juga situs yang dituju. Berikut referensi dari nama situs untuk cek pemilik plat nomor kendaraan online:

Jawa Tengah : http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/

Banten : http://ditlantas.banten.polri.go.id/e-samsat-nasional/

Jakarta : https://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_KBM

Jawa Barat : https://bapenda.jabarprov.go.id/sipolin-samsat-jabar/

Jawa Timur : https://esamsat.jatimprov.go.id/

Aceh : http://esamsat.acehprov.go.id/

Yogyakarta : http://infonjkbdiy.com/

Dari link tersebut, Kamu akan dibawa ke halaman cek pemilik plat nomor kendaraan online. Di situs tersebut, Kamu bisa ikuti petunjuk yang ada untuk memperoleh informasi kepemilikan tanda nomor pada kendaraan.

Jadi tak perlu mendownload, tinggal klik link di atas saja. Langkah ini pun banyak dipilih oleh pengunjung lain dalam mendapati TNPK Tanda Nomor Pada Kendaraan baik itu mobil maupun motor.

Cek Pemilik Plat Nomor Kendaraan Online Lewat SMS

Terkadang ada sebagian orang yang lebih suka menggunakan jaringan reguler dibandingkan internet. Lewat pesan singkat SMS, Kamu juga bisa mengecek nomor plat motor maupun mobil. Sama seperti metode lainnya, beda domisili memiliki kebijakan dan aturan yang tak sama. Di bawah ini cara cek nomor plakat kendaraan beserta contohnya:

  • Kota Jawa Timur

KETIK : JATIM <spasi> Nomor kendaraan kirim ke : 7070

Contoh : JATIM L1234DS

  • Kota Jawa Barat

KETIK : poldajbr <spasi> Nomor kendaraan lalu kirim Ke : 3977

Contoh: poldajbr D1234JL

  • Kota DKI Jakarta

KETIK : METRO <spasi> Nomor kendaraan lalu kirim ke : 1717

Contoh: METRO B4321UAC

  • Kota Jawa Tengah

KETIK : JATENG <spasi> Nomor kendaraan kirim ke : 9600

Contoh: JATENG H4321D

Setelah mengirimkan sesuai format, nanti akan memperoleh balasan yang menyatakan kepemilikan dari plat nomor tersebut. Sebelum kirim SMS, jangan lupa cek format sesuai ketentuan ya!

Dari ketiga metode di atas, mana cara cek pemilik plat nomor kendaraan online yang paling Kamu sukai? Semuanya sama-sama menunjukkan hasil pencarian yang ingin diketahui, hanya saja beda jalurnya.

Masing-masing cara sangat mudah untuk diakses. Jadi Kamu tak perlu bingung lagi ketika harus mengecek nomor mobil ataupun motor.

Biasanya pengecekan tersebut seringkali dilakukan untuk mengetahui keaslian kendaraan sesuai dengan surat-suratnya. Jadi terhindar dari resiko kecurangan dari pihak lain.

Cek Plat Nomor Jawa Tengah

Dapat disimpulkan bahwa cek pemilik plat nomor kendaraan online bisa diakses lewat tiga jalur. Artinya dalam satu kota memiliki tiga cara cek nomor polisi. Ketiga cara tersebut bisa dipilih salah satu untuk digunakan dalam mengecek nomor polisi motor ataupun mobil. Jika Kamu masih bingung, berikut contoh cara cek plat nomor kendaraan via internet untuk kota Jawa Tengah:

  1. Lewat website di: http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/
  2. Lewat aplikasi di Playstore cari nama SAKPOLE e-SAMSAT JATENG
  3. Lewat SMS KETIK : JATENG <spasi> Nomor kendaraan kirim ke 9600. Contoh: JATENG H4321D

Untuk pengecekan nomor polisi pada kendaraan mobil juga motor di provinsi Jawa Tengah mencakup keseluruhan wilayah. Seperti contohnya kota Semarang, Banjarnegara, Banyumas, Batang, Blora, Boyolali, Brebes, Cilacap, Demak, Grobogan, Jepara, Karanganyar, Kebumen, Purbalingga, Purworejo, Rembang, Semarang, Sragen, Sukoharjo, Tegal, Temanggung, Wonogiri, Wonosobo, Surakarta, Magelang, Salatiga, Pekalongan, Kendal, Klaten, Kudus, Magelang, Pati, Pekalongan dan Pemalang.

Termasuk kota manakah tanda nomor kendaraan yang ingin Kamu ketahui? Cara cek pemilik plat nomor kendaraan online di Jawa Tengah tersebut sebagai contoh.


Untuk kota-kota yang lainnya bisa Goodtizen ikuti sesuai kriteria di atas. Jangan lupa untuk mencantumkan kode dengan benar ya! Typo satu huruf atau angka saja bisa jauh jawabannya.

Leave a Comment