Sejarah Pramuka Dunia Ini Jarang Diketahui Kebanyakan Orang Lho

Praja Muda Karana atau yang sering disebut pramuka merupakan sebuah organisasi kepramukaan. Para peserta didik adalah bagian dari anggota pramuka yang dibimbing oleh kakak pembina. Kegiatan kepramukaan ini dimulai dari sekolah dasar sampai dengan tingkat lanjutan. Semua itu tak terlepas dari sejarah pramuka dunia yang memberikan nilai luar biasa.

Di Indonesia sendiri, gerakan kepramukaan sudah diperkenalkan sejak sekolah dasar. Kemudian ada tingkatannya yaitu pramuka siaga, pramuka penggalang dan pramuka penegak. Masing-masing tingkatan menjalankan kegiatan pramuka dengan misi yang sama. Bahkan agenda pramuka hadir sebagai salah satu pendidikan non formal.

Kegiatan pramuka merupakan bagian dari bentuk penyelenggaraan pendidikan kepaduan nasional. Bertujuan untuk membentuk karakter dan kepribadian spriritual, sosial, fisik serta intelektual. Adapun kegiatan kepramukaan dapat terwujud dengan:

  • Membentuk kepribadian serta akhlak baik untuk kaum muda
  • Menanamkan jiwa semangat kebangsaan, cinta tanah air juga bela negara bagi kawula muda
  • Menjadi calon pemimpin yang handal dan dapat dipercaya
  • Meningkatnya keterampilan dan kecakapan para kaum muda di berbagai bidang.

Berbagai kegiatan kepramukaan ditujukan untuk membentuk kemandirian, keterampilan dan kepribadian yang jauh lebih baik. Sebelum seperti sekarang ini, pramuka punya nilai sejarah yang cukup panjang. Tidak hanya untuk Indonesia, dunia punya cerita sejarah yang penting. Inilah standar panjang tongkat pramuka.

Sejarah Pramuka Dunia

 

Sejarah era pramuka dunia bermula ketika Baden Powell melakukan kegiatan kemah untuk kali pertama bersamaan dengan 22 anak laki-laki. Perkemahan ini berlangsung di Pulau Brownsea, Inggris pada tanggal 25 Juli 1907. Sejak saat itu, agenda berkemah selama 8 hari membawa dampak sekaligus sejarah pramuka dunia yang begitu heroik.

Sejarah pramuka dunia jambore internasional

Melihat sejarah panjang pramuka di dunia tak terlepas dari Baden Powell, bapak pramuka sedunia. Berawal dari Baden Powell yang menuliskan buku berjudul scouting for boys di tahun 1908. Buku yang mencerikan pengalaman dalam berkemah ini sengaja dirilis sebagai panduan. Karya tersebut sangat dikenal dan laris manis di Inggris juga negara lainnya.

Alhasil, muncullah organisasi kepramukaan yang hanya diperuntukkan bagi anak putra saja. Akan tetapi, di tahun 1912 Baden Powell beserta adik perempuannya mendirikan sebuah organisasi kepramukaan untuk anak putri dengan nama girl guides.

Kemudian di tahun 1916, didirikan organisasi untuk kelas siaga dengan nama CUB (anak serigala). Lanjut dengan organisasi kepramukaan untuk remaja berusi 17 juga didirikan, tepat di tahun 1918 dengan nama Rover scout.

Lain waktu di tahun 1922 bapak pramuka sedunia kembali berkarya dengan buku berjudul rouvering to success atau mengembara menuju bahagia. Dalam tulisan tersebut menceritakan seorang pemuda yang menyegerakan atau mengayuh perahu sampai pantai bahagia.

Pada kali pertama kalinya di tanggal 30 Juli – 8 Agustus 1920 terdapat 800 peserta pramuka yang melakukan jambore dunia. Kegiatan yang diikuti oleh 34 negara ini dilaksanakan di Olympis Hall, London. Pada acara itu juga, Baden Powell dinobatkan sebagai bapak pramuka sedunia atau chief scout of the world.

Masih di tahun yang sama, dibentuklah dewan internasional organisasi pramuka dengan jumlah 9 peserta. Tepat di kota London yang ditunjuk sebagai kantor kesekretariatab pramuka sedunia atau internasional. Tapi pada tahun 1958 kantor berpindah ke Ottawa, Kanada. Lalu sepuluh tahun kemudian berpindah lagi ke Geneva, Swiss.

Lambang Pramuka Dunia

arti lambang pramuka dunia

 

Bapak Pramuka Dunia

Robert baden powell bapak pramuka duniaSeperti yang telah dijelaskan di atas, bapak pramuka dunia adalah Robert Baden Powell. Bapak pandu dunia ini lahir di Paddington, London pada 22 februari tahun 1857.

Hari Pramuka Sedunia

Tepat di tanggal kelahiran Robert Baden Powell ditetapkan sebagai hari pramuka sedunia. Sejarah pramuka dunia di mulai dari sini. Pasalnya bapak pandu dunia ini mempunyai pengaruh yang besar dalam kepramukaan dunia.

Sedangkan hari pramuka nasional jatuh pada tanggal 14 Agustus. Setiap tahunnya berbagai aktivitas kepramukaan digelar untuk menyambut hari penting tersebut.

Sejarah Kepanduan Dunia

Gerakan kepaduan dunia merupakan sebuah aktivitas pembinaan para pemuda yang mempunyai pengaruh terhadap dunia. Dalam kegiatan kepaduan ini terdiri dari berbagai organisai kepemudaan baik untuk putra ataulun putri. Semua ditujukan guna membentuk fisik, mental dan spiritual agar jadi lebih baik.

Untuk mencapai tujuan itu dijalankan berbagai program pelatihan dan pendidikan non formal kepramukaan. Tapi lebih fokus ke aktivitas praktis di lapangan. Sampai saat ini sudah ada lebih dari 38 juta anggota kepaduan dari 217 negara.

Sejarah Pramuka Indonesia

gambar pembukaan jambore pramuka

Selain kepramukaan dunia, Indonesia juga punya cerita sejarah sendiri. Berhubung pada masa itu terjadi pasang surut aktivitas berorganisasi, menjadikan negara punya tiga masa pramuka. Adalah pada tahun penjajahan Belanda, penjajahan Jepang dan masa setelah Indonesia merdeka.

Gerakan kepramukaan pada era penjajahan Belanda didirikan dengan sebutan bernama Nederland Indische Padvinders Vereeniging atau NIPV. Arti dalam bahas Indonesia adalah persatuan pandu pandu Belanda. Pada masa kolonial ini, organisasi tersebut dianggap dapat membentuk karakter masyarakat. Hingga menumbuhkan beberapa organisasi lainnya.

Namun semua berubah setelah Sumpah Pemuda. Kesadaran masyarakat Indonesia semakin meningkat dan membuat beberapa organisasi kepramukaan menyatu. Lalu terbentuk organisasi bernama Pandu Pemuda Sumatera atau PPS di tahun 1930.

Setahun kemudian terbentuk lagi persatuan antar pandu Indonesia. Perkemahan itulah yang menjadi tombak atau cikal bakal berlangsungnya kegiatan jambore.

Selanjutnya memasuki era penjajahan Jepang, kegiatan kepramukaan masih terus diadakan. Tapi semua berubah saat Jepang melakukan peperangan kepada Belanda pada masa perang dunia kedua.

Sehingga membuat tokoh kepaduan Indonesia banyak yang ditarik ke organisasi mereka seperti Keibondan, PETA dan Seinendan. Organisasi tersebut adalah buatan Jepang yang dibentuk untuk mendukung gerakan tentara Jepang.

Parahnya, negara tersebut melarang organisasi rakyat Indonesia. Mereka beranggapan bahwa gerakan perpaduan buatan Indonesia berbahaya. Pasalnya kegiatan tersebut dapat memupuk persatuan bangsa Indonesia.

Namun begitu, hal tersebut tak menjadikan rakyat Indonesia mundur. Sampai pada akhirnya Bangsa menjalankan PERKINDO II sebagai salah satu upaya untuk mengusir penjajahan negara Jepang dari Tanah air.

Gerakan kepramukaan di Indonesia berjalan tidak lama setelah Indonesia merdeka. Pada tanggal 28 desember 1945, didirikanlah organisasi pandu rakyat Indonesia di kota Solo. Kelompok tersebut ditetaplan sebagai bentuk kepaduan dimana kepramukaan Indonesia dapat bertahan.

Lalu di tahun 1961, sekitar 100 kelompok kepaduan Indonesia terbagi jadi 3 federasi. Pertama Persatuan Kepaduan Puteri Indonesia, Ikatan Pandu Indonesia dan Persatuan Putera Puteri Indonesia.

Sampailah pada tanggal 14 Agustus 1961 gerakan kepramukaan bangsa Indonesia resmi dibuka. Oleh karena itu, di tanggal tersebut diperingati sebagai hari pramuka nasional.

Dapat disimpulkan bahwa sejarah kepramukaan di Indonesia maupun dunia tak lepas dari tokoh bapak kepaduan dunia. Robert Baden Powell membawa cerita dan pengalaman luar biasa dalam kegiatan pramuka.

Sampai sekarang gerakan kepramukaan terus dijalankan. Bahkan menjadi pelajaran wajib yang harus diikuti oleh peserta didik di bangku sekolah dasar, menengah pertama sampai menengah atas.

 

Leave a Comment