Penyebab Lensa Kamera Berjamur Dan Cara Membersihkannya

Siapa bilang kualitas gambar jepretan kamera bagus tergantung dengan harganya yang mahal. Pertanyaan tersebut tidak selalu berlaku kok. Sebab bagaimana cara pengguna kamera memperlakukan komponen tersebut turut berpengaruh. Tanpa disadari, kita sering membiarkan kamera tanpa merawatnya. Akibatnya muncul beberapa masalah seperti tumbuhnya jamur. Bagaimana bisa ya? Kira-kira apakah penyebab lensa kamera berjamur?

Penyebab Lensa Kamera Berjamur Cara Membersihkan

Cuma Pake Filter foto ini, Auto Banjir Follower

Mungkin terdengar sedikit aneh, bagaimana bisa lensa pada DSLR terkena oleh jamur. Bisa saja dan penyebab lensa kamera berjamur dapat dikarenakan beberapa hal. Apa saja ya? Simak selengkapnya berikut ini.

Penyebab Lensa Kamera Berjamur Yang Harus Diwaspadai

Cuaca panas dan kemudian hujan yang membuat kamera terkena imbasnya. Bolak-balik kameramu kena suhu panas dan dingin, akibatnya timbullah jamur di sekitar lensa. Selain itu, terdapat juga beberapa penyebab lensa kamera berjamur, seperti:

  1. Penyimpanan yang kurang memadai, misalnya disimpan tanpa box kamera.
  2. Kamera berada di tempat yang lembab ataupun di ruangan terbuka. Akibatnya penyebab lensa kamera berjamur tak bisa dihindari.
  3. Penggunaan kamera di kala hujan maupun di tempat berair tanpa ada filter
  4. Kamera sering kali dipakai di area bersuhu dingin dan kemudian juga ke tempat dengan suhu yang panas.
  5. Kamera tidak atau jarang dibersihkan setelah digunakan.

Sedikitnya, itulah kelima penyebab lensa kamera berjamur yang sering kali ditemui. Apakah kamu juga menemukan masalah serupa? Cek dulu apakah beberapa sebab di atas yang mempengaruhinya. Lalu, kalau lensanya sudah berjamur, bagaimana solusinya?

Cara Mengatasi Lensa DSLR Yang Berjamur

Adanya jamur-jamur yang mengotori bagian terpenting dalam kamera, membuat hasil jepretan kurang maksimal. Tak lagi sebening sebelumnya. Akibatnya, kualitas gambar maupun video jadi menurun. Tenang, sebelum semakin memburuk berikut ini ada beberapa upaya untuk atasi lensa DSLR yang menjamur:

  • Bereskan dan bersihkan kamera beserta perangkatnya

Ketika kamera sudah selesai digunakan untuk pemotretan, sering kali hanya dibiarkan begitu saja. Keseringan seperti ini beresiko mengotori lensa, hingga ditumbuhi jamur-jamur. Karenanya, selalu bereskan kamera serta perangkat setelah dipakai. Sepele ya, tapi kalau tidak buru-buru dibersihkan penyebab lensa kamera berjamur bisa mengancam kapan saja.

  • Jangan biarkan kamera terlalu lama berada di kantong tas

Terlalu lama berada di dalam tas apalagi lembab, bisa jadi munculnya penyebab lensa kamera berjamur. Oleh karena itu, ada kalanya, kamera harus dikeluarkan dari kantongnya untuk diangin-anginkan. Hal ini sangat perlu agar suhu pada kamera tidak lembab. Keberadaan jamur pun bisa dikurangi.

  • Bersihkan kamera meski hanya ada sedikit debu

Seperti yang kita ketahui bahwa jamur itu cepat sekali menyebarnya. Kalau lensa kameramu sudah sedikit kotor saja, segera bersihkan. Sekalipun itu hanya debu kecil. So, jangan biarkan penyebab lensa kamera berjamur karena keteledoran kita ya.

  • Gunakan silica gel

Betul sekali, silica gel yang bersifat menyerap lembab mampu mencegah resiko tumbuhnya jamur. Untuk satu buah kamera, bisa menggunakan silica gel berukuran 50-100 gram saja. Biar lebih praktis, kamu bisa pilih penyerap lembab yang siap pakai.

  • Simpan kamera di lemari kedap udara

Kalian pasti sering melihat kamera-kamera di toko yang berada di sebuah lemari kaca. Itu adalah dryingbox atau lemari kedap udara. Terlihat jernih dan bebas debu meski disimpan dalam waktu yang lama. Kamu pun bisa meletakkan koleksi kameramu di dryingbox. Alhasil, penyebab lensa kamera berjamur dapat dihindari, bukan? Tentu saja setelah perangkat pemotret tersebut dibersihkan ya.

  • Gunakan cairan pembersih khusus lensa kamera

Jika kameramu terlanjur berjamur dan tidak bisa diatasi dengan treatment di atas, kamu bisa gunakan cairan pembersih lensa. Ada cairan khusus beserta kain lapnya. Jadi bukan sembarang ya.

Masih kurang jelas Goodtizen? Mari simak ulasan dari video berikut ini

 

Punya lensa progresif? begini cara merawatnya

Demikianlah beberapa cara sederhana yang ampuh untuk atasi sekaligus mencegah adanya penyebab lensa kamera berjamur. Tanpa disadari, hal-hal sepele dapat merusak dan mengotori perangkat elektronik kita. Jika dibiarkan secara terus menerus, bisa-bisa kameramu tak lagi bisa diandalkan untuk memotret lho. Karena itu, agar resiko tersebut tidak terjadi, yuk rawat barang berharga satu ini dengan baik. Kalau kita jaga dengan betul, tentu saja penyebab lensa kamera berjamur bisa dihindari dan kamera bisa bertahan hingga jangka panjang, bukan?

Leave a Comment