6 Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Android

Saat ini sebagian orang menyimpan file pekerjaan atau file materi sekolah tidak lagi harus menggunakan laptop atau komputer.

Karena smartphone Android yang dimiliki juga sudah bisa digunakan untuk menyimpan file. Hanya saja, terkadang secara tidak sengaja mungkin anda menghapus file yang ternyata cukup penting.

6 Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Android

Dan kehilangan file yang penting tentu saja akan membuat anda kesal dan juga galau seharian karena bingung cara mengembalikan file yang terhapus di android.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin berkembang saat ini, sebagai pengguna anda tak perlu lagi khawatir jika kehilangan file di android karena tak sengaja menghapusnya.

Nah berikut ada beberapa cara mengembalikan file yang terhapus di android yang sangat mudah dilakukan sendiri dirumah.

6 Langkah Mudah Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Android

1. Cara Mengembalikan File Terhapus Untuk Game

Ketika anda memainkan sebuah game dalam waktu yang lama, tentu akan sangat menyebalkan ketika ternyata tidak sengaja jika game ini terhapus.

Namun untuk cara mengembalikan file yang terhapus di android ini bisa anda kembalikan dengan sistem terbaru dari Google.

Jika anda sudah selama ini bermain game dengan menggunakan akun google ketika anda mainkan, maka secara otomatis juga data yang ada di permainan ini akan tersimpan di Google Play Games.

Jadi walaupun game ini sudah tak sengaja dihapus maka anda tinggal masuk ke akun yang sama maka data game akan masih muncul.

Yang perlu di ingat, ini adalah cara yang hanya berlaku jika anda mengaktifkan fitur masuk ke Google Play Games.

2. Cara Mengembalikan File Terhapus Dengan Aplikasi Tambahan

Pada saat ada file yang terhapus di Android, maka cara mengembalikan file yang terhapus di android adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan misalnya Diskdigger.

Ini adalah cara yang bisa digunakan dengan hanya mengunduh aplikasi di Play Store, selanjutnya anda bisa menggunakannya langsung.

Hanya saja Diskdigger adalah aplikasi pihak ketika untuk mengembalikan file yang hanya fokus pada foto yang sudah dihapus.

Untuk itu, jika ingin mengembalikan file lainnya maka anda harus meng-root smartphone anda.

3. Cara Mengembalikan File Terhapus Dengan Komputer

Jika dengan menggunakan aplikasi tambahan dari Playstore masih belum bisa mengembalikan filenya, maka cara mengembalikan file yang terhapus di android yang bisa anda coba adalah dengan menghubungkan smartphone ke komputer.

Sama seperti mobile anda bisa menggunakan aplikasi tambahannya seperti Recuva.

Anda bisa menghubungkan smartphone dengan komputer yang sudah terpasang aplikasi Recuva. Anda tinggal menyeleksi tipe file yang ingin di cari.

Setelahnya anda bisa memiliki file ini dan langsung memilih opsi recovery untuk mengembalikan file tersebut. Namun, file dari eksternal smartphone anda bisa saja tidak kembali semuanya.

4. Cara Mengembalikan File Terhapus Dengan Google Drive

Cara lain yang bisa anda lakukan dengan sangat mudah ketika cara mengembalikan file yang terhapus di android adalah dengan masuk ke aplikasi Google Drive kemudian anda bisa memiliki Opsi Bin.

Setelahnya anda bisa memilih file yang digunakan untuk kembali data dengan klik ikon restore. Maka file ini akan kembali ke folder semula.

5. Cara Mengembalikan File Terhapus Dari Google Foto

Ini adalah salah satu cara mengembalikan file yang terhapus di android yang paling sering dilakukan dengan menggunakan Google Foto. Sebenarnya cara ini sangat mudah dilakukan untuk mengembalikan foto yang terhapus.

Anda tinggal memilih menu opsi Bin di Google Phone. Lalu pilih dan tahan gambar untuk kembalikan ke android anda.

Foto yang terhapus masih tersimpan di Google karena Google memang tak langsung menghapus gambar, namun memasukkan ke bin. Setelah tersimpan 60 hari maka foto akan terhapus secara otomatis.

Simak Juga: Cara Mengembalikan Video Yang Terhapus di Android Mudah

6. Cara Mengembalikan File Terhapus Dengan Atur Backup Otomatis

Sebenarnya cara ini untuk mencegah terjadi hal yang tak diinginkan. Artinya, daripada anda kesulitan dalam mencari cara mengembalikan file yang terhapus di android maka lebih baik untuk melakukan backup data otomatis secara berkala.

Di smartphone android fitur ini sudah tersedia, yang perlu anda lakukan hanya dengan masuk ke menu setting, pilih opsi Backup & Reset. Maka secara otomatis file di perangkat anda akan di backup otomatis secara berkala.

Leave a Comment