Kelebihan Android 10 yang menjadi Pilihan Banyak Orang

Lagi-lagi sistem operasi Android memunculkan gebrakan baru dengan meluncurkan Android 10. Kelebihan Android 10 juga terbilang sangat mudah untuk dikenali. Sebab, Android 10 diciptakan sebagai penerus dari Android 9 (Pie) yang dimana sistem operasi Android 10 ini dikabarkan akan menghadirkan kemudahan yang baru bagi para penggunanya.

Kekurangan dan Kelebihan Android 10

Di tahun 2020, Google mewajibkan semua smartphone untuk menggunakan Android 10. Namun, tenang saja meskipun begitu Google tetap akan memberikan dukungan untuk Android 9 (Pie) yang diberikan dalam bentuk pembaruan fitur setelah meluncurnya Android 11.

Kehadiran Android 10 ini menjadi kabar yang menyegarkan bagi para pengguna. Pasalnya, sistem operasi yang masih terbilang baru ini dipercaya dapat menutupi kekurangan yang ditemukan pada sistem operasi sebelumnya.

Nah, sekarang mari kita bahas tentang kelebihan yang dimiliki oleh sistem operasi Android 10.

Kelebihan Android 10

Meskipun Android 10 masih belum banyak digunakan secara luas, tetapi kamu perlu mengetahui kelebihan yang mereka miliki, karena sistem operasi Android 10 diperkirakan akan semakin berkembang di masa yang akan datang.

Namun, satu hal yang perlu kamu catat dengan baik, sistem operasi Android 10 membutuhkan ruang memori yang cukup besar, sehingga bagi para pengguna sistem operasi ini disarankan untuk mengosongkan dan menghapus beberapa file atau data yang sudah tidak dipakai lagi.

Sekarang sudah waktunya kita membahas tentang kelebihan yang dimiliki sistem operasi Android 10. Berikut daftar dan penjelasan lengkapnya:

  1. Smart Replies

Meskipun fitur Smart Replies sudah bisa ditemukan di sistem operasi series sebelumnya, tapi dengan kehadiran sistem operasi yang baru ini tentu akan menghasilkan pembaruan yang menarik juga.

Sebelumnya, pengguna fitur Smart Replies hanya bisa digunakan untuk memilih pesan yang sudah ditentukan, fitur Smart Replies pada Android 10 akan mengenali tautan atau link Google Maps, Youtube, atau tautan-tautan lainnya yang disematkan di sebuah pesan.

Baca Juga : 10 Aplikasi Pembersih RAM Gratis dan Terbaik Untuk Ponsel Android

  1. Dark Mode

Semakin ke sini semakin banyak pengguna smartphone yang gemar menggunakan dark mode atau mode gelap, karena selain untuk menjaga kesehatan mata, fitur ini juga bisa berfungsi sebagai penghematan penggunaan baterai.

Dengan menggunakan Android 10, kamu bisa mengaktifkan tema gelap ini dengan cara masuk ke menu setting atau pengaturan yang ada di ponsel kamu, lalu pilih menu display atau tampilan, dan langkah terakhir yang perlu kamu lakukan hanya menyalakan menu Dark Theme, selesai!

  1. Pengaturan notifikasi menjadi hening

Banyak orang yang merasa risih dengan notifikasi pada smartphone yang terus bermunculan. Biasanya notifikasi-notifikasi berlebihan seperti ini bisa dari chat atau pun email.

Nah, untuk mengatasi keluhan ini, Android 10 menawarkan caranya dengan menghadirkan fitur yang dapat mengheningkan ponselmu pada saat notifikasi masuk ke smartphone milikmu.

Bahkan, Android 10 tidak hanya mengheningkan suara dan getaran dari ponselmu, tapi juga membuat layar ponselmu tetap dalam keadaan mati sehingga konsentrasimu tetap akan terjaga dengan baik meskipun terdapat notifikasi yang sedang masuk.

  1. Berbagai jaringan WiFi jadi lebih terpenuhi

Saat ini, WiFi menjadi salah satu hal utama yang paling dicari oleh banyak orang. Namun, rata-rata WiFi di dunia ini akan memiliki password yang hanya bisa diketahui oleh pemiliknya sendiri sehingga itu akan menyusahkan pengguna lainnya.

Maka dari itu, Android 10 menyuguhkan fitur baru yang dapat memudahkan penggunanya untuk berbagi jaringan internet WiFi yaitu dengan membagikannya melalui QR Code yang ada di ponsel.

Lalu, tinggal scan kode tersebut maka kamu sudah bisa mengaksesnya dengan mudah.

  1. Live Caption Video

Android 10 menghadirkan fitur yang bernama Live Caption Video. Tampilan yang satu ini akan membuatmu lebih tertarik untuk mengamati suatu video tertentu.

Sebab, fitur atau tampilan ini akan membantumu untuk lebih memahami dengan betul suara apa yang sedang dihasilkan dalam video tersebut melalui keterangan yang akan muncul itu.

  1. Lebih mudah untuk mengelola privasi

Selain tampilannya yang semakin kekinian, Android 10 juga menghadirkan dukungan keamanan yang lebih ketat.

Android 10 dapat membuat pengaturan privasi ponselmu sejalan dengan apa yang sedang atau sudah kamu akses via laman Google pada web.

  1. Sound Amplifier

Sistem operasi Android 10 akan memberikan beragam kelebihan, termasuk pembaruan dari segi kualitas audionya.

Android 10 dengan sengaja menyematkan fitur Sound Amplifier untuk membantumu meminimalisir suara-suara yang cukup mengganggu.

Selain itu, fitur ini juga mampu meningkatkan suara-suara yang dirasa lebih penting yang ada di sekitarmu.

  1. Pengecekan waktu baterai habis

Masih sering kita temui seseorang yang melupakan bahwa baterai HP-nya sudah akan habis sehingga ponsel tersebut akan mati secara tiba-tiba dan tanpa disadari oleh pemiliknya.

Nah, untuk mengatasi permasalahan ini, Android 10 menghadirkan fitur terbarunya dengan memberikan informasi perkiraan sampai kapan waktu bateraimu akan bertahan sehingga penggunanya bisa memperkirakannya sejak awal.

  1. Pembaruan pada panel share

Selain itu, pada Android 10 juga akan memperbarui panel share sebelumnya. Fitur ini tidak hanya akan membuka lebih cepat namun juga dapat mempromosikan orang-orang maupun aplikasi yang sering kamu gunakan.

Oh iya, kamu juga bisa melihat apa yang sebenarnya sedang kamu bagikan di percakapan sebelumnya.

  1. Lebih mudah untuk mengganti aksen warna pada ponsel

Fitur ini juga termasuk dalam kelebihan yang dimiliki oleh Android 10. Selama ini mungkin kamu bosan dengan tampilan ponsel yang hanya hitam putih, dengan menggunakan Android 10, kamu bisa mengubah warna membosankan tersebut dengan warna yang lebih menarik.

Kekurangan Android 10

Ya, semua pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, begitu pun juga dengan Android 10. Sistem operasi yang satu ini juga memiliki kekurangan yang perlu kamu ketahui, yaitu:

  1. Sistem operasi ini masih berstatuskan beta sehingga masih banyak bug yang akan menghantui para penggunanya. Namun, ke depannya kemungkinan besar masalah ini akan terselesaikan.
  2. Bagi para pengguna yang sudah melakukan upgrade, mereka akan mendapatkan fitur kamera bawaan yakni Snapdragon Camera.
  3. Selain itu, Android 10 juga dikatakan hanya menawarkan layanan yang membantu aktivitas penggunanya saja namun belum membuktikan jika teknologi yang mereka miliki sudah berkembang pesat atau belum.
  4. Masalah pada konektivitas, pengurasan baterai yang tidak normal, lag UI, dan masalah suara juga termasuk dalam beberapa faktor yang dikeluhkan oleh para penggunanya.

Kesimpulan Tentang Android 10

Kesimpulannya, kamu yang berperan sebagai pengguna dan pemilik penting untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari suatu sistem operasi tertentu.

Sebab, ini menyangkut dengan kelancaran berjalannya sistem ponsel yang mereka miliki.

Jadi sekarang kamu tinggal memahami dengan baik kelebihan Android 10 dan tidak ketinggalan kekurangannya juga.

Leave a Comment