Perbedaan Smart TV dan Android TV yang Wajib untuk Kamu Ketahui

Kemunculan Smart TV dan Android TV membuat banyak orang semakin merasa mudah untuk mencari channel yang mereka inginkan. Namun, masih belum banyak orang yang tahu mengenai perbedaan Smart TV dan Android TV. Pasalnya, jika kamu melihatnya hanya dengan sekelibatan mata saja mungkin kamu mengira kedua TV ini serupa, padahal kedua jenis TV memiliki perbedaan yang signifikan.

Seiring berjalannya waktu yang semakin canggih, teknologi-teknologi canggih tidak pernah berhenti bermunculan, begitu pun juga dengan kemampuan menonton TV yang kalau di jaman dahulu kamu hanya bisa menonton TV melalui antena atau parabola, tapi sekarang kamu sudah bisa melihat program televisi dari berbagai sumber dengan menggunakan jaringan internet contohnya Smart TV dan Android TV ini.

Nah, karena seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa masih banyak orang yang tidak mengetahui dengan jelas perbedaan dari kedua jenis saluran TV ini, maka artikel ini akan membahasnya dengan lebih rinci.

Perbedaan Smart TV dan Android TV dari segi kelebihan dan kekurangannya masing-masing

Sebenarnya, Smart TV dan Android TV memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang membuatnya berbeda. Namun, karena kedua jenis TV ini sama-sama menawarkan banyak program seperti film, musik, game, streaming, dan layanan-layanan lainnya, maka para pengguna atau orang-orang awam akan mengira bahwa Smart TV dan Android TV memiliki kelebihan dan kekurangan yang sama atau bahkan mengira kedua jenis TV adalah sama.

Simak dengan baik kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Smart TV dan Android TV yang ada di bawah ini untuk mengetahui perbedaan dari kedua jenis TV yang menjadi topik pembicaraan kita saat ini:

1. Smart TV
Smart TV atau jika diartikan ke bahasa Indonesia menjadi TV Pintar adalah sebuah televisi yang di dalamnya dilengkapi dengan kecerdasan khusus dan fitur canggih lainnya. Fitur-fitur inilah yang membuat Smart TV berbeda dengan TV-TV biasa lainnya. Namun, untuk mendapatkan dan menggunakan fitur-fitur yang dimiliki Smart TV ini, pengguna harus terkoneksi dengan internet.

Lalu apa sajakah kelebihan yang dimiliki Smart TV dan bisa kamu jadikan perhitungan yang tepat untuk memilih jenis TV yang satu ini?

  • Dengan membeli Smart TV, kamu bisa merasakan semua fitur dan programnya berada di dalam satu paket. Sebab, Smart TV sudah terhubungkan dengan sistem operasi yang bisa digunakan untuk menikmati fitur streaming, browsing, atau bahkan aplikasi sosial media sehingga kamu tidak perlu menghubungkan televisi yang kamu miliki dengan program internet.
  • Selain itu, Smart TV juga memiliki kelebihan yang merupakan hanya memerlukan 1 remote. Smart TV mengemas semua program maupun fiturnya ke dalam 1 paket sehingga hal inilah yang menjadikan kamu hanya perlu 1 remote untuk menjalankannya.

Setelah membahas kelebihan yang mereka miliki, tentu kamu akan penasaran dengan kekurangannya. Simaklah dengan baik kekurangan yang dimiliki Smart TV yang ada di bawah ini:

  • Karena dilengkapi dengan fitur yang sangat canggih, tentu Smart TV dibanderol harga yang cukup mahal sehingga tidak terjangkau oleh semua kalangan. Meskipun terdapat Smart TV yang seharga Rp. 2.000.000,00, tapi jika kamu menginginkan Smart TV dengan fitur yang lebih canggih kamu perlu mengeluarkan biaya hingga Rp. 12.000.000,00.
  • Selain itu, ada 1 perbedaan yang signifikan antara Smart TV dan Android TV, yaitu berbeda dengan Android TV yang memiliki aplikasi tidak terbatas, aplikasi Smart TV terbilang cukup terbatas sehingga buat kamu yang ingin memiliki Smart TV dengan aplikasi tidak terbatas, kamu perlu memilih Smart TV yang memiliki sistem operasi Android.

2. Android TV
Berbeda dengan Smart TV, Android TV adalah sistem operasi Android yang dimodifikasi dan dipergunakan untuk sebuah Smart TV. Selama ini, sistem operasi ini terdapat di smartphone, tablet, dan smartwatch.

Lalu apa sajakah kelebihan yang dimiliki Android TV? Simak jawabannya dengan baik:

  • Karena Android TV merupakan sistem operasi, jadi kamu bisa menggunakan sistem ini pada jenis TV apapun itu.
  • Berbeda dengan Smart TV yang dibanderol harga cukup mahal, Android TV memiliki kelebihan pada harganya. Sebab, harga Android TV terbilang jauh lebih murah tanpa mengurangi spesifikasi yang diberikan.
  • Memiliki aplikasi yang tidak terbatas meskipun harganya cenderung murah. Sebab, pada Android TV terdapat Google Play atau Play Store yang memuat berbagai macam aplikasi yang kamu inginkan.

Namun, meskipun Android TV memiliki kelebihan yang tidak main-main, mereka juga memiliki kekurangan yang penting untuk kamu ketahui, yaitu:

  • Karena Android TV merupakan sistem operasi, jadi penggunanya harus memiliki TV terlebih dahulu.
  • Selain itu, kamu perlu menambahkan box lain untuk mengoperasikan sistem ini di TV milikmu sehingga kamu perlu menggunakan 2 remote untuk menjalankannya.

Perbedaan Smart TV dengan Android TV dari segi harga

Selain memiliki perbedaan dari kelebihan dan kekurangan yang mereka miliki, Smart TV dan Android TV juga memiliki perbedaan dari segi harganya.

Smart TV terbilang jauh lebih mahal dibanding Android TV, bahkan harga termurah dari Smart TV disebut-sebut dalam kisaran 2 jutaan rupiah.

Tentu ini berbeda dengan harga Android TV yang lebih terjangkau karena Android TV bukanlah sebuah televisi namun hanya sistem operasi yang melengkapi sebuah televisi biasa.

Akhir Kata

Jadi, bisa dibilang Smart TV dan Android TV memiliki perbedaan yang sangat mudah untuk diketahui. Sebab, perbedaan Smart TV dan Android TV yang paling utama adalah terletak di sistem dan harganya.

Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk membeli salah satu dari jenis TV ini, kamu perlu memastikan manakah yang lebih memenuhi kebutuhanmu.

Komen Kuy