Tanda Kecakapan Khusus Pada Kelompok Pramuka

Pramuka merupakan kependekan dari Praja Muda Karana, yang artinya jiwa muda yang suka berkarya. Dalam pramuka terdapat berbagai macam kegiatan. Ada juga apreasi yang diberikan sebagai penghargaan yang dinamai dengan tanda kecakapan khusus atau TKK. Tanda tersebut diberikan kepada para peserta sebagai bentuk apreasi atas kemampuan atau keterampilan seseorang dalam bidang tertentu.

Tanda Keterampilan Khusus Bertujuan Untuk Apa?

Dalam kepramukaan, TKK bersifat opsional bagi para peserta didik. Pasalnya ada banyak sekali bidang keterampilan yang bisa dipilih untuk ditekuni. Jadi tiap-tiap siswa bisa mendapatkan TKK yang berbeda-beda. Tentu saja untuk memperoleh penghargaan tersebut, anggota pramuka harus memenuhi persayaratan dari bidang yang diminati. Sebab tujuan dari TKK adalah untuk melatih keterampilan dan kecakapan para peserta didik.

gambar tanda kecakapan khusus siaga

Saat peserta didik dinyatakan mendapatkan reward, maka TKK bisa segera diberikan oleh sang pembina. Umumnya diserahkan dalam acara formal. Kemudian untuk bentuk lambang tersebut dapat diberikan dengan dua cara.

Pemberian TKK kepada para peserta didik berupa lambang, yang diletakkan di lengan baju seragam sebelah kanan. Untuk cara pemasangannya ada dua pilihan yaitu:

  • Melintang pada dua jari di bawah lambang Kwartir Daerah atau di atas jahitan bawah lengan
  • Melingkari lambang Kwartir Daerah dengan posisi dua buah di sisi kanan lambang Kwartir Daerah. Dua buah di sisi kiri lambang dan satunya di bawah lambang Kwartir Daerah.

Wow, Inilah Fakta Sejarah Pramuka Dunia yang bikin terkejut

Untuk TKK tersebut dapat dikenakan pada seragam paling banyak berjumlah lima buah. Ketika seseorang sudah memiliki kelima tanda apresiasi tersebut, maka harus mengenakannya di selempang atau tetampan. Adapun selempang tersebut biasanya dipakai pada saat acara resmi. Pada kegiatan biasa seperti latihan, tetampan tidak dikenakan. Pemakaiannya, selempang dipasang dengan arah dari sisi kanan atas ke kiri bawah.

tanda penggalang

Selain itu, terdapat ketentuan lain perihal TKK yang harus diperhatikan, yakni:

  1. Hanya TKK yang telah ditetapkan oleh Kwarnas yang boleh dipakai
  2. Pihak yang berhak memberikan TKK kepada anggota pramuka adalah pembina pramuka
  3. Peserta didik yang berhak mendapatkan dan mengenakan TKK adalah seseorang yang telah menyelesaikan kecakapan sesuai syarat yang ditentukan. Contohnya SKU atau syarat ketentuan umum siaga bantu untuk pramuka siaga, SKU rakit bagi pramuka penggalang, SKU bintara untuk pramuka penegak.
  4. Setiap anggota pramuka tidak boleh memakai TKK untuk golongan peserta di kelas bawahnya. Contohnya pramuka penegak pakai TKK milik penggalang. Kecuali pramuka pendega yang boleh pakai TKK penegak.
  5. Untuk TKK yang tingkatannya lebih rendah tidak diperbolehkan untuk dipakai lagi setelah memperoleh jenis TKK yang lebih tinggi dari sebelumnya. Semisal sudah dapat TKK juru masak tingkat madya, maka TKK juru masak purwa harus dicopot.

Ada ketentuan yang sudah diatur dalam setiap penggunaan tanda khusus ini. Seperti yang telah dijelaskan di atas. Jadi, TKK dapat ditingkatkan ataupun berganti level sesuai dengan kelas yang diikuti. Pastinya berdasar dengan persyaratan yang berlaku.

Di samping itu, setiap apreasi khusus kepramukaan ini dapat dibagi dalam tiga tingkatan. Pertama tingkat siaga, penggalang dan penegak atau pandega. Di setiap tingkatan, peserta berhak memiliki tingkatan kecakapan yang berbeda dengan peserta lain. Berikut adalah bagian-bagian dari tingkatan TKK.

Tanda Kecakapan Khusus Tingkat Siaga

Anggota pramuka siaga berusia 7-10 tahun. Adapun TKK untuk kelas siaga hanya ada satu macam. Berupa segitiga sama sisi dengan tinggi 2 cm dan sisi 3 cm. Tanda kecakapan khusus tersebut dipasang pada lengan baju sebelah kanan membentuk setengah lingkaran, di sekeliling tanda Kwarda dan posisi puncak mengarah ke bawah berjumlah 5 buah.

Tanda Kecakapan Khusus Tingkat Penggalang

Peserta didik dikatakan sebagai pramuka penggalang ketika memasuki umur 11-15 tahun.

Untuk TKK kelas penggalang terbagi dalam tiga tingkatan dengan bentuk yang berbeda yaitu:

  • Purwa berupa lingkaran ada bingkai berwarna merah
  • Madya berupa persegi dengan bingkai warna merah
  • Utama berupa segilima sama sisi berbingkai dengan warna merah.

Tanda Kecakapan Khusus Tingkat Penegak

Untuk pramuka penegak usianya di atas kelas penggalang, yaitu 16-20 tahun. Terdapat tiga bentuk TKK tingkat penegak ataupun pandega, diantaranya:

  1. Purwa : berbentuk lingkaran dengan bingkai kuning
  2. Madya : berbentuk persegi dengan bingkai kuning
  3. Utama : berbentuk segilima dengan bingkai kuning.

Terdapat 10 macam TKK untuk pramuka siaga, penggalang dan penegak yang meliputi:

  1. TKK pada pertolongan pertama pada kecelakaan atau P3K
  2. TKK pengatur ruangan
  3. TKK pengamat
  4. TKK guru masak
  5. TKK berkemah
  6. TKK menjahit
  7. TKK penabung
  8. TKK juru kebun
  9. TKK pengaman kampung atau desa
  10. TKK gerak jalan.

Masing-masing bidang TKK Mempunyai kriteria persyaratan yang berbeda. Ketika syarat atau SKK tersebut dapat terpenuhi, maka peserta didik berhak menerima tanda apresiasi. TKK tersebut disesuaikan dengan kelas pramukanya.

Untuk mendapatkan penghargaan di bidang kepramukaan, peserta bisa memulainya dari kelas apa saja. Sebab dari kelas pramuka siaga sudah bisa mendapatkan tanda apresiasi. Agar lebih mudah memperoleh TKK, peserta harus tahu menahu bidang yang akan ditekuni. Kemudian mencari tahu syarat dan ketentuan dari bidang pilihan untuk meraih TKK.

Ada puluhan bidang yang bisa dipilih peserta pramuka guna memperoleh TKK. Mana yang lebih mudah digapai adalah yang paling sesuai dengan kecakapan peserta didik tersebut. Jadi, bisa dipelajari terlebih dulu, agar syarat mencapai penghargaan dapat diperoleh lebih maksimal.

Tanda Kecakapan Khusus Berdasarkan Penggolongannya

Dalam kepramukaan, TKK tersebut dikelompokkan menjadi lima bagian, yang ditandai dari warna backgroud atau dasar pada gambarnya. Diantaranya adalah:

  • Warna dasar hijau untuk bidang keterampilan dan teknik pembangunan. Contohnya SKK juru kebun, juru peta, juru semboyan, juru masak, juru potret, komunikasi, menjahit, berkemah, peternak ayam dan lainnya.
  • Warna dasar merah untuk bidang patriotisme dan seni budaya. Contohnya SKK pengatur ruangan, pengatur rumah, pengatur meja makan, pemimpin menyanyi, menyanyi, pelukis, pengarang dan juru gambar.
  • Warna dasar kuning untuk bidang spriritual, keagamaan, mental, moral dan pembetukan kepribadian. Contohnya SKK sholat, khotib, penabung, qori dan muadzin.
  • Warna dasar putih untuk bidang ketangkasan dan kesehatan. Contohnya SKK gerak jalan, pengamat, perenang, penyelidik, ski air, juru layar, juru selam dan pendayung.
  • Warna dasar biru untuk bidang sosial, kemanusiaan, lingkungan hidup, gotong royong, ketertiban masyarakat dan perdamaian dunia. Contohnya SKK pemadam kebakaran, pengaman desa, pengaman lalu lintas, juru bahasa, korespondensi dan lainnya.

Warna simbol penghargaan atau TKK yang diterima oleh peserta didik, akan disesuaikan dengan kecakapan yang dipilih. Kemudian untuk bentuknya juga disesuaikan dengan kelas pramukanya. Jadi beda tingkatan pramuka dan keterampilan yang dicapai beda pula TKK yang akan diterima.

Setiap peserta didik yang ingin mendapatkan tanda kecakapan khusus, maka harus memenuhi persayaratan. Tiap-tiap TKK mempunyai syarat yang berbeda. Di samping itu, TKK hanya berlaku untuk anggota muda pramuka atau peserta didik. Artinya tanda tersebut tidak berlaku untuk anggota pramuka dewasa seperti pembina, pelatih maupun pembimbing.

Leave a Comment