Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android Tanpa Root

Bagaimana cara mengembalikan foto yang terhapus di android? Pertanyaan itu pasti muncul saat tak sengaja menghapus foto di galeri ponsel. Ya, foto merupakan hasil tangkapan dari momen spesial. Kamu pasti selalu berusaha untuk mengabadikan momen melalui jepretan kamera.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android

Seiring dengan kemajuan berkembangnya teknologi, kamu bisa lebih leluasa dalam berfoto. Dengan mudah kamu menangkap setiap momen menggunakan kamera smartphone. Namun, saking banyaknya foto yang kamu simpan dalam smartphone, kapasitas memori juga banyak berkurang. Mau tidak mau kamu harus menghapusnya.

Dan saat menyortir foto yang akan dihapus, kamu tidak sengaja menghapus foto yang menurutmu penting. Kaget? Sudah pasti. Panik gk? Panik gk?

Cara mengembalikan foto yang terhapus di android? Jangan panik. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan foto yang terhapus.

1. Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus dari Kartu Memori

Banyaknya foto yang kamu hasilkan kerap kali membuat sesak kartu memori. Kartu memori yang penuh dapat membuat smartphone jadi lambat.Sebaiknya saat kamu sadar jika foto penting tersebut hilang, segera keluarkan kartu memori dari ponsel. Mengapa harus segera dikeluarkan?

Hal tersebut perlu kamu lakukan untuk mengurangi resiko foto ditimpa dengan file baru. Kartu memori segera dihubungkan ke komputer desktop. Ditambah dengan menggunakan perangkat lunak pemulihan khusus. Ini sebagai upaya agar foto lama tidak terenkripsi. Sayangnya tidak ada jaminan pasti.

Tidak ada salahnya kamu mencoba menghubungkannya dulu ke desktop. Perlu diingat jika cara ini tidak berfungsi pada penyimpanan internal ponsel.

Cek Dulu: Cara Mengembalikan File Terhapus Tidak Sengaja

2. Mengembalikan Foto yang Terhapus Menggunakan Aplikasi Restore Image

Kamu bisa mencoba cara mengembalikan foto yang terhapus di android dengan menggunakan aplikasi restore image. Caranya cukup mudah.

  • Unduh aplikasi Restore Image di Play Store
  • Selanjutnya tentukan letak folder yang berisi foto yang sudah terhapus.
  • Nantinya akan ada scan dan memunculkan foto yang akan dikembalikan.
  • Klk tombol restore image.
  • Dan foto akan kembali ke folder penyimpanan semula.

Kamu bisa menggunakan aplikasi ini di ponsel tanpa root. Tapi jangan kaget karena akan muncul iklan saat menggunakan aplikasi ini. Tersedia juga fitur premium yang bisa kamu pilih. Dengan menggunakan fitur premium, kamu akan terhindar dari seringnya iklan yang muncul.

Simak Juga: Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android 100% WORK

3. Mengembalikan Foto yang Terhapus dengan Menggunakan Aplikasi DiskDigger

Berukuran sekitar 2 MB, aplikasi DiskDigger bisa menjadi aplikasi alternatif lain dalam mengembalikan foto yang sudah terhapus. Kamu tidak perlu khawatir akan iklan yang sering muncul seperti yang terjadi di aplikasi sebelumnya.

Karena aplikasi ini tidak akan menayangkan banyak iklan. DiskDigger akan fokus terhadap fungsinya. Selain minim iklan, kamu tidak perlu menyambungkan ponsel ke laptop atau desktop. Cukup melalui ponsel saja.

  1. Unduh aplikasi DiskDigger di Play Store.
  2. Buka aplikasi kemudian pilih Start Basic Photo Scan.
  3. Pilih folder untuk memulihkan file yang dihapus.
  4. Tunggu beberapa saat hingga proses pemindaian selesai dan aplikasi akan menunjukkan file yang dihapus.
  5. Tandai foto yang ingin kamu pulihkan dengan mengetuk Recover Button.
  6. Dan foto yang terhapus berhasil kembali ke galerimu.

4. Melakukan Backup Foto di Ponsel

Meskipun kamu bisa mencoba cara mengembalikan foto yang terhapus di android, sebaiknya kamu perlu melakukan backup terlebih dahulu. Sehingga kamu tidak tidak bingung saat foto tiba-tiba hilang atau tidak sengaja terhapus.

Bagi kamu pengguna android, bisa melakukan backup dengan menggunakan fitur dari Google Photos. Fitur Google Photos menawarkan kelebihan seperti menyimpan foto tanpa batas.

Kamu bisa dengan mudah mengatur pencadangan. Caranya juga tidak sulit. Langsung buka saja Google Photos yang sudah ada di fitur bawaan smartphone. Jika sudah masuk ke Google Photos lalu pilih Pengaturan dan opsi Backup and Sync. Kamu dapat memilih metode yang akan digunakan saat pencadangan.

Selain menggunakan Google Photos, ada aplikasi lain yang juga dapat kamu gunakan. Dumpster merupakan aplikasi yang mampu menyimpan dan mencadangkan data yang dihapus.

Namun perlu diingat jika aplikasi ini tidak dapat memulihkan file yang dihapus sebelum menginstall aplikasi. Semoga beberapa cara mengembalikan foto yang terhapus di android diatas bisa kamu jadikan referensi.

Komen Kuy